Kamis, 02 Desember 2010

Karst Batu Benawa..

Bongkahan Atas Goa
Bongkahan batu-batu besar tak tertata, ada yang di mulut goa, lainya berada di sekitar kiri-kanan goa. Batuan kapur muda dan rapuh. Terkurung di area wisata Pagat Kab. Hulu Sungai Tengah - Provinsi Kalimantan Selatan, dapat dijangkau dalam waktu 10 menit dari kota Barabai. Tebing ini biasanya sering dijadikan kawasan pemantapan divisi panjat. ada beberapa jalur tanpa pengaman lintasan (top rope) dan jalur panjat bebas (sport climbing).

Jembatan Akses Ke Tebing
Jalur panjat tanpa pengaman lintasan biasanya di maksudkan untuk tahapan pengenalan pemanjatan dasar di tebing, racun untuk orang biar senang memanjat tebing. jalurnya relatif mudah, permukaan tebing tidak terlalu lurus (vertical). Pengaman dipasangkan di atas, memudahkan penambat (belayer) untuk mengamankan si pemanjat bila terjatuh. Pemanjat pun tidak terbebani oleh pemasangan pengaman sendiri. Hanya fokus pada pemanjatan, pegangan dan pijakan untuk terus naik.

Area Jalur Panjat Bebas
Bagi para pemanjat yang tergolong senior dan mempunyai keterampilan memanjat dengan baik. Maka  tersedia dua jalur panjat bebas. Jalur ada di depan goa sebelah kanan, satu jalur menggantung (hang) dan satujalur lagi perpaduan jalur menggantung (hang) + Jalur  sangat menggantung (over hang).  Setiap pemanjat pertama harus memasangkan pengaman jalan (express sling) pada pengaman lintasan yang tersedia (hanger). Jalurnya pendek, pengaman lintasan tersedia sebanyak lima. Pegangannya ralatif besar, tapi karena permukaannya memiliki kemiringan yang cukup, akan terasa menguras tenaga.

4 komentar:

  1. terus bertahan meski di sapu oleh air bah..

    BalasHapus
  2. Kab. Hulu Sungai Tengah
    ini provinsi mana ya?? hehehe. kok gak disebutin?

    trus gambarnya kekecilan, kurang gede, kan aku pingin tau juga kondisi di sana gmn..


    tapi keren kok, menarik. lbh okay lagi kalo tiap tahap ada gambarnya gitu, jadi kita2 yg gak pernah ngerti ttg panjat tebing jadi ngerti..hehehe

    BalasHapus
  3. @Ciem Pluc... terima kasih sdh berkunjung dan kasih masukan..

    BalasHapus
  4. Terakhir ke sana akhir Juli kemarin. banyak yang baru ternyata, dulu ga ada jembatan nyebrangnya, batubnya udah ilangan ya :D.

    BalasHapus